GameMaker Studio 2 - Review sebuah perangkat lunak pembuatan video game yang sempurna untuk pemula!

Masalah bervariasi dengan perangkat lunak pembuatan video game tingkat konsumen. Alat tidak akan memberi Anda kemampuan lanjutan yang diperlukan untuk meningkatkan profesi masa depan Anda jika terlalu mudah. Tapi Anda akan menjadi jengkel dan menyerah jika alatnya terlalu rumit. GameMaker Studio 2 menemukan keseimbangan sempurna dengan merangkul pemula sambil tidak meninggalkan apa pun di atas meja bagi mereka yang memiliki waktu untuk sepenuhnya berkomitmen pada tujuan permainan independen mereka. Dalam ulasan GameMaker Studio 2 ini, Kami ingin menginformasikan pilihan Editor's Choice untuk perangkat lunak produksi video game konsumen. Ini karena keluarannya yang luar biasa.

Proses pemilihan mesin permainan yang paling halus mungkin menantang bagi pengembang yang baru memasuki lapangan. Dalam ulasan ini Kita menggunakan GameMaker Stusio 2, Kami akan mencoba mengatasi banyak masalah dengan GameMaker, salah satu mesin game yang paling banyak digunakan. Jadi Anda dapat memutuskan apakah itu mesin permainan terbaik untuk proyek Anda.
Anda mungkin pernah mencoba GameMaker jika Anda seorang penulis game yang diam-diam bercita-cita menjadi pengembang.

Di atas segalanya, GameMaker adalah mesin untuk pemula: seniman, penulis, non-programmer, dan mereka yang memiliki ide tetapi tidak memiliki pengalaman pemrograman. Bagi mereka yang tidak tahu harus mulai dari mana. GameMaker jauh lebih dari itu. Ini adalah mesin 2D top-of-the-line yang digunakan dalam game aksi top-down, platform puzzle, dan game seni piksel.

Berapa harga GameMaker Studio 2?

Setelah meninjau GameMaker Studio 2, Kita tahu bahwa perangkat lunak produksi game yang menghasilkan hit indie seperti Hyper Light Drifter dan Undertale. Meluncurkan pilihan harga baru hari ini yang seharusnya membuat pengembangan game independen menjadi lebih murah. YoYo Games, pembuat GameMaker Studio, sekarang menawarkan versi gratis program “tak terbatas” yang ditingkatkan untuk para amatir. Tingkat harga "Indie" yang baru menggabungkan semua lisensi platform non-konsol seharga $9.99 per bulan dan lisensi yang lebih rendah untuk studio yang merilis game konsol.

Hingga hari ini, GameMaker Studio 2 menampilkan tingkat harga gratis yang terutama digunakan untuk mempelajari cara menggunakan perangkat lunak. Ini menampilkan batas waktu selama sebulan dan mengharuskan Anda membayar keanggotaan (mulai dari $39 per tahun untuk pengembangan Mac atau Windows) untuk terus menjelajah, di antara batasan lainnya. Edisi tak terbatas baru menghapus batas waktu. Tetapi pengembang independen masih harus membayar untuk mengekspor dan mendistribusikan game mereka.

Untungnya, biaya ekspor dan penerbitan juga menurun. Untuk $9.99 per bulan / $99.99 per tahun, tingkat harga Indie yang baru berisi lisensi untuk Mac, Windows, Android . Ini termasuk AmazonFire OS), iOS, UWP (Platform Windows Universal), Ubuntu, dan HTML5. 

Game Apa yang Dapat Dibuat Dengan GameMaker Studio 2?

Mari kita soroti beberapa video game independen yang nyata, terkenal, dan dipuji secara kritis yang dibuat dengan mesin ini daripada membahas game yang mungkin secara teoritis Anda buat menggunakan GameMaker. Gaiden, Blazing Chrome, Downwell, Gunpoint, Heat Signature, Hotline Miami, Hyper Light Drifter, Katana Zero, Nidhogg, Nuclear Throne, Rivals of Aether, Spelunky, Undertale, Wandersong, dan VA-11 Hall-A adalah beberapa game yang dibuat dengan GameMaker.

Beberapa game konsol, seluler, dan PC independen yang paling dicintai dari beberapa tahun terakhir termasuk dalam daftar itu. Platforming game siluman, penembak top-down berbahan bakar narkoba, novel visual cyberpunk, dan RPG komedi-basket hanyalah beberapa dari banyak genre yang diwakili. Dengan GameMaker, Anda dapat membuat apa pun yang dapat Anda bayangkan.

Semua game itu, jika Anda perhatikan lebih dekat, ada dalam dua dimensi. GameMaker terutama berkonsentrasi pada game 2D, memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa visual 3D dasar ke game Anda. Alat pembuatan game tingkat konsumen jarang menyertakan kemampuan 3D. Ini tersedia melalui Fuze4. Namun, Anda tidak dapat mengekspor gamenya dari Nintendo Switch. 

Pengembangan GameMaker Studio 2

GameMaker menanyakan apakah Anda ingin menggunakan Drag and Drop atau GameMaker Language (GML) saat pertama kali memulai proyek (DnD). Jangan ragu untuk menguji keduanya dan temukan mana yang paling cocok untuk Anda. GameMaker menyediakan dua komprehensif, pelajaran video langkah demi langkah fatau membuat game kloning Asteroid yang identik dalam kedua bahasa tersebut.
Siapa pun yang terbiasa membuat game dengan cara kuno, melalui pengkodean, harus merasa betah menggunakan GML. Itu bahkan dapat diterjemahkan ke dalam JavaScript atau C, itulah sebabnya pengguna sering membandingkannya dengan bahasa lain. Meskipun kursus ini bermanfaat, yang terbaik adalah memiliki pengalaman pengkodean sebelumnya sebelum terjun lebih dulu ke GML.

Pilihan terbaik untuk pemula sejati adalah DD. Ini adalah bahasa pemrograman visual yang digunakan oleh GameMaker, yang mengubah pernyataan if/then yang rumit menjadi blok yang dapat dimengerti. DnD memberikan kontrol yang jauh lebih sedikit atas game Anda di masa lalu daripada GML. Tetapi hari ini, Anda dapat membuat game yang rumit tanpa menulis kode, karena berbagai perilaku yang telah ditentukan. Itu benar, namun bahkan bahasa “dasar” ini dapat dengan cepat menjadi kompleks. Anda terus menghasilkan banyak aset dan melakukan banyak matematika. Anda mengontrol laju bingkai, membentuk mekanisme pergerakan pesawat ruang angkasa, memilih variabel untuk menghasilkan kerikil secara acak, dan memulai animasi ledakan untuk video game Asteroid.

Kelebihan

Menurut Seth Coster, CEO dan salah satu pendiri Butterscotch Shenanigans, GameMaker unggul dalam membuat game 2D. Menggunakan GameMaker, Coster, co-creator Crashlands dan Levelhead, berubah dari tidak memiliki pengalaman pemrograman menjadi bekerja sebagai pengembang penuh waktu hanya dalam dua tahun.
Dia percaya bahwa GameMaker adalah alat yang paling baik untuk membuat game 2D dari genre apa pun.
Co-creator dan pengembang Hyper Light Drifter Heart Machine Teddy Diefenbach, sebagai Teddy Dief, sependapat bahwa GameMaker unggul dalam "pengembangan game 2D langsung". Dan juga memuji "kontrol langsung atas bagaimana sprite digambar."

GameMaker juga merupakan mesin yang mudah dipelajari karena menggunakan metode plug-and-play yang pada dasarnya tidak memerlukan kode untuk membuat game.
Menurut ulasan dan sumber Game Maker Studio 2, “GameMaker menghilangkan banyak overhead dari memasang proyek.” Dengan mesin 3D yang lebih umum. Anda mungkin harus memilih mode set alat lengkap untuk mengatur alat dalam mesin yang Anda butuhkan untuk mulai membuat jenis permainan yang Anda inginkan. Namun hal paling umum yang harus Anda tangani — objek, sprite, noise, dan sebagainya — mudah ditangani oleh perangkat 2D GMS2. Jadi, Anda sering kali tidak mendesain alat untuk membuat lebih banyak alat. Sebagian besar dari apa yang Anda butuhkan kemungkinan akan ada di depan Anda,

Kekurangan

Fakta bahwa ada tidak ada versi gratis dari GameMaker, meskipun dirancang untuk membantu pemula dalam memulai dengan cepat, ini adalah salah satu ironi terbesarnya. Misalnya, Unity menempatkan batas pendapatan untuk kreasi game komersial gratis yang diizinkan. Dengan GameMaker, tidak demikian.
Tetapi para penghobi dan pengguna pendidikan akan menunjukkan bahwa itu membutuhkan biaya. Meskipun harga alat pembuatan game telah turun secara signifikan dari waktu ke waktu, tetap saja tidak ada gunanya jika Anda tidak memiliki banyak uang ekstra.

Sementara beberapa programmer memuji fleksibilitas GameMaker, yang lain mengkritik teknologi YoYo Games karena ketinggalan zaman dalam 3D. GameMaker "tidak memiliki dukungan yang kuat" untuk proyek 3D, dan "jauh lebih kuat dalam 2D ​​daripada 3D."

Peterson menambahkan, “3D dapat dibayangkan, tetapi tidak ada alat untuk menangani aset 3D (model, tekstur, animasi, dan sebagainya). Dan karena UI GMS2 tidak dapat dimodifikasi, tidak ada yang dapat membuat alat untuk dipasang agar proyek 3D lebih mudah dikelola.

Bisakah Anda membuat kode dengan GameMaker Studio 2?

Untungnya, GameMaker membuat pembelajaran coding jauh lebih mudah dari yang diharapkan. Ada banyak bahan yang tersedia untuk Anda apakah Anda pernah bereksperimen sebelumnya dengan mereka Pengkodean visual GML sistem dan membuat game pertama Anda atau jika Anda ingin terjun langsung ke pengkodean menggunakan Bahasa GameMaker.

Apakah GameMaker Studio 2 bagus untuk pemula?

Sangat. Dalam ulasan Gamemaker Studio 2 Kami, ini adalah salah satu mesin permainan yang lebih mudah diakses untuk pemula adalah GameMaker Studio 2. Semua penggunanya didorong untuk menggunakannya dengan cepat, dan memiliki komunitas kuat yang tersedia untuk membantu dengan menawarkan pelajaran dan panduan.

Kesimpulan

Dengan menyambut para pemula tanpa meninggalkan apa pun di atas meja bagi mereka yang memiliki waktu (dan uang) untuk terlibat dalam impian game independen mereka sepenuhnya, GameMaker Studio 2 mencapai keseimbangan yang sempurna. Mengakhiri ulasan GameMaker Studio 2 , Kami mengatakan ini adalah opsi Pilihan Editor untuk konsumen karena memiliki hasil yang luar biasa.