Mengolah Gambar Strips pada Game Maker (GM) Studio
Pada tutorial
game maker kali ini kamu akan mempelajari mengenai strips dan bagaimana cara
mengolahnya .
Strips adalah suatu kumpulan gambar (sprites) yang memuat
aksi atau gerak yang saling berkaitan , stripes biasanya di gunakan untuk
membuat animasi objek, misalnya : animasi untuk karakter bergerak, animasi
karakter menebas musuh, dan lain-lain .
Cara mengolah gambar strips cukup mudah yaitu : klik kanan Sprite ---) Create Sprite ---) Edit Sprite ---) File
---) Create From Strips, lalu pilih gambar strips yang akan di
gunakan maka Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini :
Penjelasan menu parameter:
Number of Images : Parameter ini untuk
menentukan berapa banyak gambar yang akan di ambil dari strips itu, ( jika
panjang dan lebar gambar dari strips itu beraturan disarankan menggunkan
parameter ini, jika panjang dan lebarnya tidak beraturan disarankan tidak
mempergunkan parameter ini ).
Images per row : parameter ini berfungsi untuk
menentukan berapa banyak image yang akan di ambil Secara vertical.
Image Width
: Lebar gambar yang akan di ambil dari strips.
Image Height: Tinggi gambar yang akan di ambil
dari strips.
Vertical Cell Offset dan horizontal Cell Offset : Kedua parameter ini jarang saya gunakan,
fungsinya untuk melewati gambar daris strips sebesar Image width dan Image
height.
Vertikal dan horizontal pixel offset : Kedua
parameter ini berfungsi untuk menentukan koordinat gambar yang akan di ambil
dari sebuah strips.
Horizontal separation dan vertical separation :
Kedua parameter ini berfungsi untuk memberikan ruang kosong diantara gambar
yang akan di ambil, biasanya fungsi ini digunakan bila gambar dalam sebuah
strips mempunyai jarak atau ruang kosong.
Setelah kamu mendapatkan gambar yang tepat dari
sebuah strips , klik tombol OK. Maka gambar yang tadi kamu pilih akan menjadi
sebuah sprite, dan jika kamu Memasukan dua sprites atau lebih dari sebuah
strips, maka akan terbentuklah sebuah animasi yang kamu inginkan.